Syarat Dan Ketentuan 

Ketentuan Yara Digital Farming

 

Ketentuan ini terakhir diperbarui: Agustus 17 2019

 

Ketentuan penggunaan ini berlaku bagi penggunaan produk, layanan, perangkat keras, perangkat lunak, situs web, sumber daya digital, dan penawaran pasar pertanian digital lain (**Solusi**) yang disediakan oleh Yara International ASA dan/atau oleh setiap afiliasi yang dikendalikan oleh, atau dalam kendali bersama dengan, Yara International ASA (dalam setiap kasus, **Yara** atau **kami**). Setiap organisasi atau individu (**Anda**) yang ingin menggunakan segala Solusi Yara tunduk pada Ketentuan Yara Digital Farming (**Ketentuan**) ini beserta setiap ketentuan khusus Solusi yang berlaku bagi Solusi yang ditawarkan dan digunakan.

 

**Pemberitahuan penting:**

 

Ketentuan ini berlaku bagi penggunaan Anda atas semua informasi, rekomendasi, dan/atau Solusi yang disediakan kepada Anda oleh Yara. Solusi tertentu memiliki ketentuan khususnya sendiri dan/atau perjanjian tambahan dengan Yara (**Ketentuan khusus Solusi**) yang akan berlaku bagi penggunaan Anda atas Solusi tersebut. Anda harus memeriksa dan meninjau segala ketentuan khusus Solusi yang mungkin berlaku bagi Solusi Yara tertentu yang Anda pilih untuk dipesan dan/atau digunakan. Sejauh ketetapan Ketentuan ini bertentangan dengan Ketentuan khusus Solusi, Ketentuan khusus Solusi akan berlaku. Ketentuan ini dan segala Ketentuan khusus Solusi secara bersama-sama disebut sebagai **Perjanjian**.

 

- Saat Anda memperoleh elemen Solusi melalui pihak ketiga di luar grup Yara, Anda mungkin juga tunduk pada ketentuan pihak ketiga tersebut.

- [Kebijakan Privasi Yara Digital Farming](https://www.yara.com/privacy-and-legal/digital-farming-terms/digital-farming-terms-english/) terpisah kami juga berlaku bagi Anda, dan Anda harus memeriksa bahwa Anda memahami dan mengetahui ketetapan terkait privasi tersebut.

- Ketentuan ini dapat berubah seiring waktu. Anda dianjurkan untuk secara berkala membaca ketentuan yang berlaku bagi penggunaan Solusi kami untuk mengetahui kemungkinan perubahan.

 

**Dengan mengeklik atau mengetuk tombol atau kotak bertanda "Terima", "Setuju", atau "OK" (atau istilah serupa) yang merujuk pada ketentuan ini, dengan mendaftar ke Solusi Yara melalui situs web, aplikasi, atau saluran digital lain, atau dengan melengkapi dan mengirimkan pada Yara formulir pesanan yang menautkan atau melampirkan ketentuan ini, Anda setuju untuk terikat dengan ketentuan ini, dan Anda menyatakan bahwa Anda cukup umur di tempat Anda tinggal dan memiliki kapasitas hukum untuk menandatangani perjanjian ini sebagai individu atau perwakilan resmi perusahaan Anda. Anda harus mencetak dan menyimpan salinan ketentuan ini sebagai referensi mendatang.**

 

## Ketentuan yang disetujui

 

**1. Solusi Yara dan ketentuannya**

 

1.1. Yara menawarkan sejumlah Solusi kepada pengguna bisnis, yang dapat meliputi tenaga profesional atau petani dan konsultan lain untuk meningkatkan metode dan aktivitas pertanian, serta memanfaatkan teknologi digital baru dan inovatif. Sebagai contoh, Solusi kami dapat membantu dengan manajemen pertanian (alokasi pekerjaan, tugas di lahan, inventaris, dll.), analisis tanah, manajemen siklus nutrisi, serta pengambilan keputusan agronomi terkait.

 

1.2. Kami memberikan Solusi dalam berbagai bentuk. Bentuk tersebut dapat meliputi:

 

(a) perangkat lunak berbasis web atau yang dapat diunduh (**Perangkat Lunak**) dan materi cetak atau dokumentasi lain yang menyertai Perangkat Lunak (**Dokumentasi**);

 

(b) aplikasi seluler (**Aplikasi**);

 

(c) layanan yang dapat diakses dari jarak jauh atau berbasis cloud atau dihosting (**Layanan**);

 

(d) akses ke situs web yang dimiliki dan/atau bermerek Yara International ASA dan/atau afiliasinya (secara bersama-sama, **Situs Web Yara**), dan konten atau sumber daya digital lain, seperti laporan email dan portal;

 

(a), (b), (c), dan (d) secara bersama-sama disebut sebagai **Konten Digital**; dan

 

(e) perangkat keras, termasuk layanan perbaikan dan pemeliharaan (**Perangkat Keras**).

 

1.3. Selain Ketentuan ini, masing-masing Solusi mungkin diatur oleh Ketentuan khusus Solusi. Sejauh ketetapan setiap Ketentuan khusus Solusi bertentangan dengan Ketentuan ini, Ketentuan khusus Solusi akan berlaku.

 

1.4. Yara menawarkan dan memasarkan Solusi ke pengguna bisnis, yang dapat meliputi tenaga profesional atau petani dan konsultan lainnya. Namun demikian, di yurisdiksi saat perundang-undangan wajib mengharuskan tenaga profesional atau petani lain dianggap sebagai konsumen, pihak tersebut dapat menerima hak tambahan tertentu menurut hukum setempat yang berlaku; dan, dalam hal tersebut, Ketentuan ini tidak akan memengaruhi segala hak konsumen berdasarkan undang-undang yang berlaku dan tidak dapat dikesampingkan menurut hukum yang berlaku.

 

1.5. Dalam keadaan jarang saat penyediaan atau penggunaan Konten Digital atau Perangkat Keras apa pun sesuai dengan Perjanjian berlawanan dengan segala hukum setempat wajib yang berlaku bagi Anda, hak Anda untuk mengakses Konten Digital atau menggunakan Perangkat Keras mungkin diakhiri oleh Yara. Dalam keadaan tersebut, Anda setuju untuk tidak menggunakan atau mengakses Solusi Yara, termasuk Konten Digital atau Perangkat Keras apa pun, dengan cara apa pun yang mungkin melanggar hukum yang berlaku.

 

1.6. Mungkin terdapat keadaan saat elemen Solusi disediakan kepada Anda oleh distributor atau agen pihak ketiga (**Pemasok Non-Yara**), bukan secara langsung dari Yara. Dalam keadaan tersebut, Anda harus tetap setuju untuk terikat dengan Ketentuan ini sehubungan dengan Yara dan penggunaan Solusi Yara oleh Anda. Anda mungkin juga perlu menyetujui ketentuan, syarat, dan kebijakan tambahan yang berlaku bagi Pemasok Non-Yara terkait (seperti ketentuan pembelian perangkat keras, ketentuan layanan, atau kebijakan privasi) (**Perjanjian Pihak Ketiga**). Anda bertanggung jawab untuk memverifikasi dan menerima segala ketentuan yang berlaku dari setiap Perjanjian Pihak Ketiga. Pemasok Non-Yara, dan bukan Yara, bertanggung jawab penuh atas pelaksanaan kewajiban Pemasok Non-Yara dalam setiap Perjanjian Pihak Ketiga.

 

**2. Mengakses konten digital**

 

2. **Mengakses konten digital**

   1. Anda bertanggung jawab untuk membuat semua pengaturan, serta menyediakan sumber daya dan peralatan yang sesuai, yang diperlukan untuk memastikan Anda dapat mengakses Konten Digital.

 

2.2 Anda juga bertanggung jawab untuk memastikan semua pihak yang dipekerjakan atau dilibatkan oleh Anda yang mengakses Konten Digital melalui Akun Anda mengetahui Ketentuan ini serta syarat dan ketentuan lain yang berlaku, serta mematuhinya.

 

2.3. Kami dapat sewaktu-waktu membatasi ketersediaan Konten Digital atau Solusi apa pun kepada siapa pun atau di area geografis mana pun. Apabila Anda memilih untuk mengakses Konten Digital atau Solusi dari luar area geografis tempat Yara menyediakannya, Anda melakukannya dengan risiko sendiri dan Anda mungkin melanggar Ketentuan ini atau hukum yang berlaku.

 

**3. Informasi yang dikirimkan oleh Anda**

 

3.1. Solusi tertentu memungkinkan Anda untuk mengunggah informasi ke Aplikasi Yara, Situs Web Yara, atau portal Yara atau pihak ketiga lain, atau mengirimkan sampel tanah dan jaringan ataupun informasi lain (**Sampel**) ke Yara untuk dianalisis. Informasi tersebut termasuk, namun tidak terbatas pada, teks, foto tumbuhan, informasi agronomi, Sampel, dan konten lain (**Konten Pengguna**). Anda berkewajiban penuh atas Konten Pengguna yang Anda berikan.

 

3.2. Anda akan memiliki semua hak kekayaan intelektual atas segala Konten Pengguna yang Anda unggah.

 

3.3. Yara menggunakan Konten Pengguna untuk melakukan riset agronomi dan pasarnya sendiri, dan Anda memberi Yara hak untuk menggunakan, mengubah, menampilkan secara publik, memperbanyak, dan mendistribusikan Konten Pengguna Anda ke segala platform digital Yara, termasuk platform pemasaran dan distribusi pihak ketiga. Penyediaan hak tersebut oleh Anda pada Yara akan senantiasa tunduk pada Kebijakan Privasi Pertanian Digital kami, dan kami akan selalu memproses Data Pribadi Anda sesuai dengan Kebijakan Privasi Pertanian Digital tersebut.

 

3.4. Anda menjamin bahwa Anda merupakan pemilik, atau berhak menggunakan, semua Konten Pengguna yang diunggah, dan Anda berhak untuk melisensikan hak tersebut pada Yara sesuai dengan Ketentuan ini.

 

3.5. Anda menyatakan dan menjamin bahwa segala informasi yang Anda berikan sehubungan dengan Solusi telah dan akan tetap akurat dan lengkap, serta Anda akan memelihara dan memperbarui informasi tersebut sebagaimana diperlukan atau diwajibkan menurut keadaan.

 

3.6. Periksalah juga Kebijakan Privasi Pertanian Digital kami untuk mengetahui ketentuan privasi yang mungkin berlaku bagi pengiriman informasi Anda.

 

3.7. Yara tidak bertanggung jawab atas segala Konten Pengguna. Yara tidak akan aktif memantau segala Konten Pengguna, tetapi berhak untuk meninjau Konten Pengguna dan menghapus Konten Pengguna tersebut menurut kebijakannya sendiri dan sesuai dengan hukum yang berlaku.

 

4. **Wewenang untuk menyetujui ketentuan dan penyediaan data**

   4.1. Apabila Anda adalah individu, Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda sudah cukup umur untuk menjalin kontrak yang mengikat. Apabila Anda mengadakan Solusi atas nama pemberi kerja atau entitas bisnis Anda, Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda berwenang untuk menandatangani perjanjian atas nama, dan mengikat, pemberi kerja atau entitas bisnis Anda dan (jika berlaku) untuk berlangganan segala Solusi atau menyetujui segala Ketentuan khusus Solusi yang berlaku. Apabila Anda tidak memiliki kewenangan tersebut, Anda tidak boleh menggunakan Solusi serta kami dapat mengakhiri penggunaan dan akses Anda terhadap Solusi.

 

4.2. Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda berwenang untuk memproses data yang Anda berikan pada Yara, termasuk Data Pribadi, dan menyediakan data tersebut pada Yara untuk digunakan sebagaimana ditetapkan dalam Ketentuan ini dan Kebijakan Privasi Pertanian Digital kami, termasuk melalui: pemberitahuan yang sesuai; persetujuan; dan dengan menyebutkan individu tersebut sebagai pengguna akhir, dalam kebijakan privasi kami (tanpa mengabaikan kemampuan dan hak Yara, yang Anda setujui, untuk meminta persetujuan serta memberikan pemberitahuan dan kebijakan privasinya secara terpisah kepada individu tersebut).

 

4.3. Sejauh Yara bertindak sebagai pemroses bagi Anda sebagai pengendali sehubungan dengan Data Pribadi yang berasal dari Wilayah Ekonomi Eropa, ketentuan [Perjanjian Pemroses Data Yara](https://www.yara.com/siteassets/privacy-and-legal/digital-farming-terms/yara_data_processor_agreement.pdf/) (.pdf, 97 KB) berlaku antara Anda dan Yara.

 

4.4. Untuk tujuan Ketentuan ini, **Data Pribadi** berarti informasi yang memungkinkan kami mengidentifikasi seseorang.

 

**5. Pendaftaran: Akun, nama pengguna, dan kata sandi**

 

5.1. Solusi tertentu mungkin mewajibkan Anda untuk mendaftarkan akun pengguna (**Akun**) atau memasukkan nama pengguna, kata sandi, atau data, informasi, atau kredensial lain (**Kredensial Akses**) agar dapat menggunakan Solusi sepenuhnya. Anda setuju untuk menjaga keakuratan dan keaktualan Kredensial Akses dan informasi pendaftaran Anda. Kegagalan melakukannya akan merupakan pelanggaran terhadap Ketentuan ini dan/atau Ketentuan khusus Solusi yang berlaku, yang dapat mengakibatkan pengakhiran Akun Anda, serta pembatasan kemampuan Anda untuk mengakses Konten Digital dan/atau Solusi.

 

5.2. Anda dapat memperoleh sejumlah Kredensial Akses yang berbeda untuk karyawan dalam bisnis Anda yang berwenang menggunakan Solusi, yang telah Anda daftarkan atau langgankan secara valid (**Pengguna Resmi**). Saat Anda melakukannya, Anda harus memberi tahu kami mengenai setiap orang dalam bisnis Anda yang merupakan Pengguna Resmi (tergantung pada Solusi) dengan mendaftarkan Pengguna Resmi tersebut menggunakan sub-Akun mereka sendiri atau meminta kami melakukannya atas nama mereka. Setiap Pengguna Resmi wajib memiliki Kredensial Aksesnya sendiri. Solusi tertentu juga mungkin mengizinkan Anda untuk merujuk pihak dalam organisasi Anda, dan/atau pihak lain yang berwenang mengakses Akun Anda (**Penerima Lisensi**), menggunakan Kredensial Akun Anda. Apabila Anda merupakan Pengguna Resmi atau Penerima Lisensi, Anda harus menerima dan mematuhi Ketentuan ini dan segala Ketentuan khusus Solusi yang berlaku. Apabila Anda mendaftarkan Akun, Anda setuju bahwa Anda bertanggung jawab penuh atas setiap dan seluruh aktivitas pada Akun Anda serta memastikan bahwa semua Pengguna Resmi dan Penerima Lisensi mematuhi Ketentuan ini dan segala Ketentuan khusus Solusi yang berlaku.

 

5.3. Anda tidak boleh mendaftarkan nama pengguna yang tidak boleh digunakan dalam cara apa pun, termasuk nama yang mungkin mengidentifikasi pihak, badan hukum, atau merek dagang lain secara keliru, ataupun nama yang dalam cara apa pun dianggap menyinggung. Yara dapat menolak Kredensial Akses Anda atau informasi lain yang Anda berikan pada Yara.

 

5.4. Kredensial Akses Anda hanya ditujukan untuk digunakan oleh Anda dan harus dirahasiakan. Anda, dan bukan Yara, bertanggung jawab atas segala penggunaan atau penyalahgunaan nama pengguna atau kata sandi Anda, serta Anda harus segera memberi tahu Yara atas segala pembobolan rahasia atau penggunaan Akses Kredensial Anda tanpa izin.

 

5.5. Kecuali jika durasi minimum berlaku bagi Anda berdasarkan Ketentuan ini atau segala Ketentuan khusus Solusi, Anda bebas menutup atau berhenti menggunakan Akun Anda kapan saja – meski, jika Anda melakukannya, Anda tidak akan berhak atas pengembalian dana segala Biaya yang telah Anda bayarkan sebelumnya. Yara berhak untuk menghapus Akun Anda jika tidak aktif selama lebih dari 365 hari kalender. Pemberitahuan akan dikirimkan ke alamat email terdaftar Anda sekurang-kurangnya 14 hari sebelum penghapusan tersebut.

 

**6. Pembatasan penggunaan yang dapat diterima**

 

6.1. Anda dapat menggunakan Konten Digital dan Dokumentasi terkait:

 

(a) sehubungan dengan operasi pertanian Anda sendiri; dan

 

(b) untuk mendukung penggunaan yang diizinkan berdasarkan Ketentuan ini, dan Anda dapat membuat salinan Dokumentasi sebagaimana diperlukan secara wajar untuk penggunaan yang sah secara hukum.

 

 

6.2. Sehubungan dengan Solusi tertentu, jika ditetapkan dalam Ketentuan khusus Solusi, Anda juga dapat menggunakan Konten Digital dan/atau Dokumentasi terkait untuk menyediakan layanan jarak jauh sebagai bagian dari bisnis Anda dengan basis kontrak kepada petani atau pelanggan lain (**Layanan Jarak Jauh**). Konten Digital tidak akan tersedia untuk pelanggan Anda kecuali sejauh yang diperlukan untuk pelaksanaan Layanan Jarak Jauh yang disediakan oleh Anda. Sebelum memulai Layanan Jarak Jauh, Anda setuju untuk:

 

(a) mengumpulkan nama, alamat, dan alamat email dari pelanggan Anda untuk diunggah oleh Anda ke antarmuka digital Yara atau antarmuka lain yang terkait;

 

(b) memberikan informasi yang diperlukan untuk, dan mendapatkan izin yang diperlukan dari, pelanggan Anda untuk memungkinkan dan memberi Anda hak untuk mengunggah informasi yang ditetapkan dalam Bagian 6.2(a) dan Data Pribadi mereka lainnya ke antarmuka digital Yara dan/atau Pihak Ketiga atau antarmuka lain dan mengarahkannya ke Kebijakan Privasi Pertanian Digital kami;

 

(c) memperoleh persetujuan dari pelanggan Anda bahwa Anda dapat menerima Ketentuan ini dan Ketentuan khusus Solusi yang berlaku atas nama mereka; dan

 

(d) memberi tahu pelanggan Anda bahwa mereka harus mengelola profil mereka sendiri di Portal Yara terkait, dalam hal ini mereka juga harus menerima Ketentuan ini dan Ketentuan khusus Solusi yang berlaku.

 

 

6.3. Sehubungan dengan Perangkat Lunak apa pun yang disediakan sebagai bagian dari Solusi mana pun, Anda tidak boleh:

 

(a) menyalin Perangkat Lunak atau Dokumentasi, kecuali jika penyalinan tersebut bersifat insidental untuk penggunaan normal Perangkat Lunak atau Dokumentasi, atau jika diperlukan untuk tujuan pencadangan atau keamanan operasional;

 

(b) menyewakan, menyewagunakan, mensublisensikan, meminjamkan, menerjemahkan, menggabungkan, mengadaptasi, memvariasikan, atau memodifikasi Perangkat Lunak atau Dokumentasi;

 

(c) mencoba, melakukan, atau mengizinkan aktivitas apa pun yang bertujuan untuk membuat perubahan atau modifikasi pada, perbanyakan, atau karya turunan kreatif dari keseluruhan atau bagian mana pun dari Perangkat Lunak atau bagian mana pun darinya untuk digabungkan dengan, atau dipadukan dalam, program lain apa pun;

 

(d) membongkar, mendekompilasi, atau merekayasa balik Perangkat Lunak, kecuali jika pembatasan tersebut secara tegas dilarang oleh hukum yang berlaku;

 

(e) memberikan, atau dengan cara lain menyediakan, Perangkat Lunak dalam bentuk apa pun, secara keseluruhan atau sebagian, termasuk, namun tidak terbatas pada, kode objek dan kode sumber, kepada siapa pun kecuali jika akses tersebut bersifat insidental untuk penggunaan normal Perangkat Lunak atau Dokumentasi, atau tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari Yara; atau

 

(f) menggunakan Perangkat Lunak atau Dokumentasi dalam cara apa pun yang melanggar hukum, ilegal, curang, atau berbahaya, atau sehubungan dengan tujuan atau aktivitas yang melanggar hukum, ilegal, curang, atau berbahaya.

 

6.4. Sehubungan dengan segala Konten Digital, Anda tidak boleh:

 

(a) menggunakan Konten Digital dengan cara yang melanggar hukum, untuk tujuan yang melanggar hukum, atau yang dalam cara apa pun tidak sesuai dengan Ketentuan ini atau Ketentuan khusus Solusi yang berlaku, atau bertindak curang atau jahat, misalnya, dengan meretas atau memasukkan kode berbahaya, termasuk virus, atau data berbahaya, ke dalam Konten Digital apa pun;

 

(b) melanggar hak kekayaan intelektual Yara atau hak kekayaan intelektual pihak ketiga mana pun sehubungan dengan penggunaan Konten Digital apa pun;

 

(c) mentransmisikan materi apa pun yang bersifat memfitnah, menyinggung, atau tidak menyenangkan sehubungan dengan penggunaan Konten Digital apa pun;

 

(d) menggunakan Konten Digital dalam cara yang dapat merusak, melumpuhkan, membebani, melemahkan, atau membahayakan sistem atau keamanan Yara atau mengganggu pengguna lain;

 

(e) mengganggu atau mengacaukan operasi Konten Digital atau server atau jaringan yang digunakan untuk menyediakan Konten Digital, termasuk dengan meretas atau merusak bagian mana pun dari Situs, atau melanggar persyaratan, prosedur, atau kebijakan server atau jaringan tersebut;

 

(f) membatasi atau menghalangi orang lain untuk menggunakan Konten Digital apa pun;

 

(g) memperbanyak, memodifikasi, mengadaptasi, menerjemahkan, membuat karya turunan dari, menjual, menyewakan, menyewagunakan, meminjamkan, membagi kepemilikan, mendistribusikan, atau memanfaatkan segala bagian dari (atau menggunakan) Konten Digital apa pun kecuali sebagaimana diizinkan secara tegas di sini, tanpa persetujuan tegas tertulis sebelumnya dari kami;

 

(h) merekayasa balik, mendekompilasi, atau membongkar bagian mana pun dari Konten Digital apa pun, kecuali jika pembatasan tersebut secara tegas dilarang oleh hukum yang berlaku;

 

(i) membingkai atau mencerminkan bagian mana pun dari Konten Digital apa pun, atau menggabungkan bagian mana pun dari Situs Web Yara ke dalam bingkai atau layanan apa pun, tanpa persetujuan tegas tertulis sebelumnya dari kami;

 

(j) mengunduh dan menyimpan Konten Digital secara sistematis dalam cara yang tidak diizinkan oleh Ketentuan ini atau Ketentuan khusus Solusi yang berlaku;

 

(k) menggunakan robot, spider, aplikasi pencarian/pengambilan situs, atau perangkat manual atau otomatis lainnya untuk mengambil, mengindeks, "mengekstrak", "menambang data", atau mengumpulkan Konten Digital, ataupun memperbanyak atau menghindari struktur navigasi atau presentasi dari setiap Konten Digital tanpa persetujuan tegas tertulis sebelumnya dari Yara; atau

 

(l) berupaya menguraikan transmisi apa pun ke atau dari server yang menjalankan layanan apa pun.

 

**7. Biaya dan ketentuan pembayaran**

 

7.1. Solusi tertentu mungkin mengharuskan Anda untuk membayar biaya pada Yara (**Biaya**) dan/atau untuk mengadakan langganan berbayar dan/atau perjanjian layanan dengan Yara atau salah satu afiliasi setempat Yara, saat Anda akan membayar biaya langganan yang akan diperpanjang secara otomatis dengan frekuensi yang ditentukan oleh Yara dalam Ketentuan khusus Solusi yang berkaitan dengan Solusi yang berlaku (**Langganan**). Ketentuan khusus Solusi juga dapat menetapkan layanan lebih lanjut yang akan disediakan kepada Anda, termasuk deskripsi layanan, tingkat layanan, Layanan Pemeliharaan, dan ketentuan garansi apa pun. Biaya (jika ada) yang harus Anda bayarkan untuk Solusi, dan perincian lainnya tentang Solusi dan Ketentuan khusus Solusi terkait, akan tersedia dalam antarmuka online dan materi lain yang disediakan oleh Yara yang menjelaskan setiap Solusi dan layanan terkait. Dalam beberapa kasus, Biaya harus dibayarkan untuk mengakses Solusi, sedangkan dalam kasus lain, Biaya hanya harus dibayarkan tergantung pada penggunaan aktual Solusi oleh Anda atau untuk meningkatkan ke versi premium Solusi. Anda setuju untuk membayarkan Biaya apa pun yang berlaku terkait dengan Solusi yang Anda pesan dan/atau gunakan pada frekuensi pembayaran yang ditetapkan dalam Ketentuan khusus Solusi yang berlaku, dan Anda tunduk pada Ketentuan ini sehubungan dengan pembayaran Anda.

 

7.2. Penyesuaian khusus apa pun pada Solusi, atau layanan lebih lanjut yang Anda perlukan, dapat dikenakan biaya tambahan. Tergantung pada Solusinya, tingkat layanan yang diperluas dapat disepakati secara tertulis antara Anda dan Yara jika Anda memiliki persyaratan khusus untuk Solusi dan layanan yang Anda butuhkan. Perjanjian tertulis tersebut akan mencakup perincian persyaratan Anda dan cakupan layanan yang akan disediakan kepada Anda.

 

7.3. Sehubungan dengan semua Solusi dan Ketentuan khusus Solusi, kecuali jika secara tegas dinyatakan lain dalam perjanjian dengan Anda:

 

(a) Jangka waktu Langganan yang berlaku adalah selama periode waktu 12 bulan sejak tanggal Langganan dimulai dan, setelah kedaluwarsa, akan diperpanjang secara otomatis dengan periode tambahan selama 12 bulan hingga diakhiri oleh Anda atau Yara.

 

(b) Yara dapat menerbitkan kepada Anda faktur yang menyebutkan Biaya yang harus Anda bayar dan menetapkan Solusi, atau versi Solusi, yang ingin Anda beli. Dalam situasi lain, Anda mungkin diwajibkan untuk mengirimkan informasi pembayaran yang valid sebelum mengadakan Langganan berdasarkan Ketentuan khusus Solusi dan menerima akses ke Solusi mana pun yang berlaku yang disediakan berdasarkan Ketentuan khusus Solusi tersebut. Semua Biaya jatuh tempo pada atau sebelum penggunaan pertama kali Solusi atau sebagaimana ditentukan lain dalam Ketentuan khusus Solusi yang berlaku. Apabila Anda memasukkan informasi kartu kredit atau debit, atau cara pembayaran serupa, Yara akan secara otomatis menagih jumlah yang tercantum.

 

(c) Apabila berlaku, Anda mengizinkan Yara untuk menagih pembayaran melalui debit langsung dari rekening bank yang Anda berikan kepada Yara, sebelum Anda pertama kali menggunakan item yang Biayanya harus dibayarkan. Anda juga harus menginstruksikan bank terkait Anda untuk menukarkan debit langsung yang ditarik oleh Yara ke dalam rekeningnya. Anda tidak akan berhak untuk mengklaim pengembalian dana dari jumlah yang didebit setelah penukaran dilaksanakan, tetapi Anda dapat menginstruksikan bank Anda untuk tidak menukarkan debit langsung hingga pembayaran Biaya Anda ke Yara jatuh tempo.

 

(d) Anda atau kami dapat mengakhiri perpanjangan Langganan terhadap Solusi hingga hari terakhir sebelum perpanjangan otomatis Langganan tersebut sebagaimana ditetapkan dalam Ketentuan khusus Solusi yang berlaku. Anda harus melakukannya dengan mengirimkan pemberitahuan kepada Yara sesuai dengan Ketentuan ini (**Pemberitahuan Pengakhiran**), dengan memberikan informasi minimum berikut: Nama, nomor telepon, alamat email, dan tanggal pengakhiran. Yara akan mengirimkan setiap Pemberitahuan Pengakhiran kepada Anda melalui email.

 

(e) Solusi tertentu dapat menawarkan kepada Anda periode uji coba gratis, atau versi demo atau dasar Konten Digital, saat Anda dapat menggunakan Solusi tersebut tanpa membayarkan Biaya selama jangka waktu tertentu, atau untuk sejumlah pengguna yang terbatas, atau sehubungan dengan jangkauan fungsionalitas yang terbatas. Setelah periode uji coba gratis Anda berakhir, Anda tidak lagi berhak menggunakan Solusi dan mungkin diharuskan untuk, dengan biaya Anda sendiri, menghapus Konten Digital dan/atau mengembalikan Perangkat Keras apa pun ke Yara, kecuali jika Anda melengkapi formalitas yang diperlukan, yang mungkin mencakup mengadakan Langganan berdasarkan Ketentuan khusus Solusi yang berlaku dan/atau membayar Biaya yang berlaku. Apabila Yara memberi Anda versi demo Konten Digital, Anda harus membayar Biaya yang berlaku demi mendapatkan akses ke Konten Digital lengkap yang disediakan sebagai bagian dari Solusi.

 

(f) Kecuali secara tegas ditetapkan dalam Ketentuan ini, Anda tidak akan menerima pengembalian dana dalam bentuk apa pun setelah mengakhiri Langganan.

 

 

7.4. Anda bertanggung jawab untuk membayar bea, biaya bea cukai, atau pajak (selain pajak penghasilan Yara) termasuk pajak tidak langsung seperti “pajak barang dan jasa” dan “pajak pertambahan nilai” yang terkait dengan pembelian setiap Solusi, dan denda atau bunga terkait (**Pajak**), dan akan membayarkan Biaya tersebut kepada Yara tanpa pengurangan Pajak. Anda menyatakan bahwa di beberapa yurisdiksi, PPN atau pajak penjualan terutang atas total harga pembelian pada saat penjualan dan harus ditagih oleh Yara pada saat penjualan. Kecuali saat secara tegas dinyatakan lain, Biaya yang dikutip untuk penyediaan Solusi dinyatakan tidak termasuk PPN atau pajak penjualan, yang juga harus Anda tanggung dengan tarif yang berlaku dari waktu ke waktu.

 

7.5. Semua pembayaran terutang dalam mata uang yang dinyatakan dalam Ketentuan khusus Solusi yang berlaku. Setiap faktur atau sengketa pembayaran harus diserahkan sebelum tanggal jatuh tempo pembayaran.

 

7.6. Kami dapat membebankan bunga senilai, mana pun yang lebih rendah, (i) dua (2%) persen per bulan, atau (ii) suku bunga maksimum yang diizinkan sesuai dengan hukum yang berlaku (jika ada) atas pembayaran yang terlambat dari waktu ke waktu, dari tanggal jatuh tempo pembayaran sampai dibayar lunas, baik sebelum ataupun sesudah keputusan. Anda akan bertanggung jawab atas semua pengeluaran yang wajar (termasuk biaya hukum) yang dikeluarkan oleh Yara dalam menagih jumlah yang telah jatuh tempo tersebut, kecuali jika jumlah yang telah jatuh tempo tersebut disebabkan oleh ketidakakuratan penagihan oleh Yara. Apabila Anda terlambat membayar untuk Solusi mana pun, Yara dapat menangguhkan atau mengakhiri semua Layanan berdasarkan Bagian 15.2 dan 15.4(d) di bawah ini.

 

7.7. Anda harus membayarkan semua jumlah yang terutang kepada Yara secara penuh tanpa pengurangan atau pemotongan apa pun kecuali sebagaimana diwajibkan oleh hukum dan Anda tidak berhak untuk menuntut kredit, perjumpaan utang, atau tuntutan balik apa pun terhadap Yara demi membenarkan pemotongan pembayaran jumlah tersebut secara keseluruhan atau sebagian. Sewaktu-waktu, Yara dapat tanpa membatasi hak atau pemulihan lain apa pun yang mungkin dimilikinya, memberikan kompensasi terhadap jumlah yang terhutang oleh Anda dengan jumlah yang harus dibayarkan oleh Yara kepada Anda.

 

**8. Variasi**

 

8.1. Sejauh diizinkan berdasarkan hukum yang berlaku, Yara dapat, kapan saja dan atas kebijakannya sendiri, mengubah Ketentuan ini, Ketentuan khusus Solusi apa pun yang berlaku, Kebijakan Privasi Pertanian Digital, Ketentuan Langganan, serta spesifikasi, fungsionalitas, dan konten Solusi (termasuk, namun tidak terbatas pada perubahan yang diperlukan untuk mematuhi persyaratan keselamatan atau perundang-undangan lainnya yang berlaku atau yang tidak secara signifikan memengaruhi sifat atau kualitas Solusi). Apabila perubahan bersifat penting atau substantif, Yara akan memberi Anda pemberitahuan sebelumnya yang wajar tentang perubahan tersebut, yang mungkin dikirimkan melalui email atau postingan melalui laman web atau portal khusus Solusi terkait. Yara menyarankan Anda untuk memeriksa perubahannya secara berkala.

 

8.2. Apabila Yara melakukan modifikasi apa pun, Anda akan mematuhi perubahan tersebut atau menyampaikan penolakan Anda pada Yara, yang dalam hal ini komunikasi tersebut akan berdampak pada Pemberitahuan Pengakhiran dan Anda akan segera berhenti menggunakan Solusi yang sesuai. Penggunaan Solusi yang berkelanjutan oleh Anda (termasuk penggunaan Solusi apa pun setelah pemberitahuan penolakan dari Anda) akan dianggap sebagai penerimaan terhadap setiap perubahan tersebut. Anda menyetujui bahwa Yara tidak akan berkewajiban kepada Anda atau pihak ketiga mana pun sebagai akibat dari pengambilan tindakan ini.

 

8.3. Sehubungan dengan Langganan apa pun yang Anda adakan dengan Yara:

 

(a) Anda dapat mengakhiri Langganan hanya setelah Perubahan Harga yang Signifikan, dan Anda berhak atas pengembalian Biaya secara prorata yang setara dengan pembayaran(-pembayaran) di muka yang telah Anda lakukan ke Yara berdasarkan Langganan dan yang terkait dengan layanan atau penggunaan Solusi yang seharusnya akan terjadi dalam jangka waktu apa pun setelah pengakhiran. Anda tidak berhak atas pengembalian uang secara retroaktif atau untuk layanan yang disediakan atau penggunaan Solusi apa pun sebelum pengakhiran.

 

(b) Untuk tujuan Bagian ini, Perubahan Harga yang Signifikan berarti peningkatan harga agregat yang harus Anda bayarkan untuk Solusi selama jangka waktu Langganan yang berlaku yang lebih dari 30%.

 

**9. Hak kekayaan intelektual**

 

9.1. Apabila penyediaan Solusi Yara kepada Anda mengharuskan Anda mengunduh atau menggunakan Konten Digital, Yara memberi Anda lisensi pribadi, non-eksklusif, tidak dapat dipindahtangankan, dan dapat dicabut untuk menggunakan Konten Digital tersebut, baik dalam versi saat ini maupun yang akan datang.

 

9.2. Kecuali sebagaimana dinyatakan secara tegas dalam Ketentuan ini, Anda tidak akan memiliki hak apa pun atas kekayaan intelektual Yara dan semua hak kekayaan intelektual atas Konten Digital dan/atau dalam materi apa pun yang disediakan oleh Yara kepada Anda sehubungan dengan Solusi apa pun merupakan milik Yara atau pemberi lisensinya. Anda tidak memiliki hak dalam, atau atas, Konten Digital dan/atau materi semacam itu selain dari hak untuk menggunakan Konten Digital tersebut sesuai dengan Ketentuan ini. Karya-karya tersebut dilindungi oleh undang-undang dan perjanjian hak cipta (dan lainnya) di seluruh dunia. Semua hak tersebut dilindungi undang-undang.

 

9.3. Apabila Yara menyediakan Perangkat Lunak kepada Anda, Anda mengakui bahwa Anda tidak berhak untuk memiliki akses ke Perangkat Lunak tersebut dalam bentuk kode sumber, selain yang diizinkan oleh hukum perundang-undangan setempat atau sebagaimana diatur secara tegas dalam Ketentuan khusus Solusi yang berlaku.

 

9.4. Komponen Perangkat Lunak tertentu (termasuk perangkat lunak sumber terbuka) mungkin tunduk pada perjanjian lisensi terpisah yang akan diberikan Yara kepada Anda beserta komponen tersebut.

 

9.5. Anda diizinkan untuk membaca Konten Digital yang dapat dibaca manusia dan membuat salinan untuk penggunaan Anda sendiri, misalnya dengan mencetak atau menyimpannya. Semua penggunaan Konten Digital lainnya, misalnya penyimpanan atau perbanyakan (sebagian dari) Konten Digital tersebut pada situs internet eksternal mana pun atau pembuatan tautan, tautan hiperteks, atau tautan dalam antara Konten Digital dan situs internet lainnya, dilarang tanpa persetujuan tertulis dari Yara. Screen-scraping (atau web-scraping) dilarang tanpa persetujuan tertulis dari Yara.

 

9.6. Yara akan mempertahankan kepemilikan eksklusif atas setiap perubahan terhadap hak kekayaan intelektual yang sudah ada dan setiap hak kekayaan intelektual yang dibuat selama penyediaan atau pengiriman Konten Digital atau Perangkat Keras apa pun oleh Yara kepada Anda.

 

9.7. Anda tidak boleh, tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari Yara:

 

(a) mensublisensikan, mengalihkan, atau berurusan dengan hak kekayaan intelektual apa pun yang dilisensikan kepada Anda berdasarkan Ketentuan ini;

 

(a) membuat, mendaftarkan, dan/atau mengadopsi identitas visual yang menggunakan elemen dari hak kekayaan intelektual Yara (misalnya: persegi logo, kapal Viking, perisai, jenis font, bagian dari nama Yara, Viking, dan Kapal);

 

(b) menggunakan hak kekayaan intelektual Yara, baik sendiri maupun dalam kombinasi atau sehubungan dengan nama perusahaan, nama dagang, atau merek dagang apa pun yang dimiliki atau digunakan oleh Anda atau pihak ketiga mana pun;

 

(c) mengubah, merusak, menambahkan, atau menghapus penyebutan hak kekayaan intelektual Yara, penyebutan Yara, atau nama lain apa pun yang ditampilkan pada Konten Digital atau pada Perangkat Keras (atau kemasan atau pelabelannya); atau

 

(d) melakukan, atau tidak melakukan, segala hal dalam penggunaan Anda atas hak kekayaan intelektual Yara yang dapat berdampak merugikan terhadap keabsahannya.

 

9.8. Yara akan membela Anda dari klaim pelanggaran kekayaan intelektual yang diajukan terhadap Anda oleh pihak ketiga yang menuduh bahwa Konten Digital atau Solusi yang disediakan oleh Yara melanggar hak kekayaan intelektual pihak ketiga (**Klaim HAKI**) dengan ketentuan bahwa:

 

(a) kami segera diberi tahu, dan dalam keadaan apa pun, selambat-lambatnya sepuluh (10) hari sejak Anda menerima pemberitahuan tentang Klaim HAKI itu;

 

(b) kami menerima tingkat kerja sama yang wajar yang diperlukan dari Anda untuk melaksanakan kewajiban kami berdasarkan dokumen ini; dan

 

(c) kami memiliki kendali sepenuhnya atas pembelaan dan semua negosiasi untuk penyelesaian atau kompromi Klaim HAKI.

 

Hal tersebut di atas tidak berlaku sehubungan dengan Konten Digital atau Solusi dan/atau bagiannya yang:

 

(i) tidak dipasok oleh Yara;

(ii) digunakan dalam cara yang tidak diizinkan secara tegas dalam Ketentuan ini atau Ketentuan khusus Solusi mana pun;

(iii) dimodifikasi oleh Anda; atau

(iv) jika Anda melanjutkan kegiatan yang diduga melanggar setelah diberi tahu.

 

 

9.9. Apabila terdapat Perangkat Lunak atau Dokumentasi terkait yang dianggap oleh pengadilan dengan yurisdiksi yang berwenang sebagai pelanggaran terhadap hak kekayaan intelektual pihak ketiga, Yara berhak, atas kebijakannya sendiri, untuk melakukan salah satu dari hal berikut:

 

(a) memberi Anda hak untuk terus menggunakan Perangkat Lunak atau dokumentasi terkait;

 

(b) memberikan modifikasi pada Perangkat Lunak atau Dokumentasi terkait sehingga penggunaannya menjadi tidak melanggar;

 

(c) mengganti Perangkat Lunak dengan perangkat lunak yang memiliki fungsi dan kinerja yang serupa; atau

 

(d) jika tidak ada alternatif di atas yang wajar secara komersial, menghentikan perjanjian kami dengan Anda.

 

Hal tersebut di atas adalah satu-satunya pemulihan Anda dan satu-satunya kewajiban Yara sehubungan dengan klaim pelanggaran kekayaan intelektual.

 

9.10. Apabila Anda mengetahui adanya pelanggaran hak kekayaan intelektual Yara oleh pihak ketiga atau tindakan melanggar hukum yang merugikan kepentingan Yara, Anda harus melaporkan pelanggaran tersebut kepada Yara. Anda harus, dengan kemampuan terbaik Anda dan sesuai dengan arahan yang diberikan oleh Yara, membantu melindungi Yara dari pelanggaran tersebut.

 

**10. Virus**

 

10.1. Apabila Anda mengunggah atau memberi kami Konten Pengguna, kami akan mencadangkan data apa pun yang Anda alihkan kepada kami secara berkala. Yara akan menggunakan pemindai virus, firewall, dan tindakan teknis dan organisasional lainnya yang wajar untuk mencegah akses tidak sah ke data Anda dan/atau transmisi virus. Namun demikian, kami tidak menjamin bahwa platform kami atau Konten Digital apa pun akan aman atau bebas dari bug atau virus, dan Anda mengakui bahwa perlindungan data yang lengkap, sepanjang waktu, mungkin tidak dapat disediakan.

 

10.2. Anda bertanggung jawab untuk mengonfigurasi teknologi informasi, program komputer, dan platform Anda untuk mengakses Konten Digital apa pun. Anda harus menggunakan perangkat lunak perlindungan virus Anda sendiri.

 

10.3. Anda tidak boleh menyalahgunakan Konten Digital apa pun dengan secara sengaja memasukkan virus, trojan, worm, bom logika, atau materi lain yang negatif atau berbahaya secara teknologi. Anda tidak boleh mencoba untuk mendapatkan akses tidak sah ke Konten Digital apa pun, server tempat Konten Digital disimpan, atau server, komputer, atau basis data apa pun yang terhubung ke Konten Digital. Anda tidak boleh menyerang Konten Digital apa pun melalui serangan penolakan layanan atau serangan penolakan layanan terdistribusi. Dengan melanggar ketetapan ini, Anda mungkin melakukan tindak pidana berdasarkan undang-undang setempat yang berlaku. Kami akan melaporkan pelanggaran tersebut kepada badan penegak hukum terkait dan kami akan bekerja sama dengan otoritas tersebut dengan mengungkapkan identitas Anda kepada mereka. Dalam hal pelanggaran atau dugaan pelanggaran tersebut, hak Anda untuk menggunakan Konten Digital akan segera dihentikan.

 

**11. Sumber daya pihak ketiga (termasuk aplikasi)**

 

11.1. Solusi tertentu dapat memfasilitasi atau memungkinkan akses menuju sumber daya yang disediakan dan dimiliki oleh pihak ketiga (**Sumber Daya Pihak Ketiga**), atau memungkinkan perutean atau transmisi Sumber Daya Pihak Ketiga, termasuk melalui tautan. Dengan menggunakan fungsionalitas tersebut, Anda mengarahkan kami untuk mengakses, merutekan, dan mentransmisikan kepada Anda Sumber Daya Pihak Ketiga yang berlaku.

 

11.2. Kami tidak mengendalikan atau mendukung, dan kami juga tidak bertanggung jawab atas, setiap Sumber Daya Pihak Ketiga, termasuk keakuratan, validitas, ketepatan waktu, kelengkapan, keandalan, integritas, kualitas, keabsahan, kegunaan atau keamanan Sumber Daya Pihak Ketiga, atau hak kekayaan intelektual apa pun di dalamnya. Sumber Daya Pihak Ketiga tertentu mungkin, antara lain, tidak akurat, menyesatkan, atau menipu. Ketentuan ini tidak akan dianggap sebagai pernyataan atau jaminan oleh Yara sehubungan dengan Sumber Daya Pihak Ketiga mana pun. Kami tidak berkewajiban untuk memantau Sumber Daya Pihak Ketiga, dan kami dapat memblokir atau menonaktifkan akses ke Sumber Daya Pihak Ketiga mana pun (secara keseluruhan atau sebagian) melalui Konten Digital apa pun kapan saja. Selain itu, ketersediaan Sumber Daya Pihak Ketiga melalui Konten Digital tidak menyiratkan dukungan kami terhadap, atau afiliasi kami dengan, penyedia Sumber Daya Pihak Ketiga tersebut sekalipun Sumber Daya Pihak Ketiga tersebut dipasarkan atau didistribusikan melalui Konten Digital atau materi lainnya yang  kami sediakan, ketersediaan tersebut juga tidak menciptakan hubungan hukum apa pun antara Anda dan penyedia tersebut.

 

11.3. Anda menyetujui dan mengakui bahwa:

 

(a) pihak ketiga terkait, dan bukan Yara, bertanggung jawab penuh atas kinerja sumber daya mereka (termasuk dukungan teknis), konten di situs web mereka, dan penggunaan data Anda oleh mereka;

 

(b) Yara tidak akan berkewajiban apa pun kepada Anda atas pihak ketiga atau Sumber Daya Pihak Ketiga; dan

 

(c) Anda tidak akan menggunakan Sumber Daya Pihak Ketiga dalam cara apa pun yang akan menyalahi atau melanggar hak Yara atau pihak lain mana pun.

 

11.4. Penggunaan Anda atas Sumber Daya Pihak Ketiga merupakan risiko Anda sendiri dan tunduk pada ketentuan, syarat, dan kebijakan tambahan yang berlaku untuk Sumber Daya Pihak Ketiga tersebut (seperti ketentuan layanan atau kebijakan privasi dari penyedia Sumber Daya Pihak Ketiga tersebut). Anda bertanggung jawab untuk memverifikasi dan menerima ketentuan penggunaan atau akses apa pun yang berlaku untuk Sumber Daya Pihak Ketiga mana pun.

 

11.5. Sehubungan dengan Aplikasi yang Anda unduh sebagai bagian dari Solusi mana pun:

 

(a) Apabila Anda mengunduh Aplikasi ke dalam perangkat yang dibuat oleh Apple, Inc. (**Apple**) atau dari App Store Apple:

 

(i) Anda secara khusus mengakui dan menyetujui bahwa Aplikasi tidak didukung, dikelola, atau disponsori oleh Apple. Dengan menggunakan Aplikasi pada perangkat yang disediakan oleh Apple, Anda menyetujui bahwa Anda akan menggunakan Aplikasi sesuai dengan Ketentuan Layanan Apple App Store di samping Persyaratan ini dan Persyaratan khusus Solusi apa pun;

 

(ii) Anda mengakui bahwa Apple tidak berkewajiban untuk menyediakan layanan pemeliharaan atau dukungan apa pun sehubungan dengan Aplikasi. Anda selanjutnya mengakui bahwa Apple tidak bertanggung jawab atas klaim apa pun bahwa penggunaan Aplikasi melanggar hak kekayaan intelektual pihak ketiga;

 

(iii) Anda mengakui dan menyetujui bahwa Apple dan anak perusahaan Apple adalah penerima manfaat pihak ketiga dari Ketentuan ini dan perjanjian lain yang Anda buat dengan Yara sehubungan dengan Aplikasi, dan Apple akan memiliki hak (dan akan dianggap telah menerima hak tersebut) untuk memberlakukan Ketentuan dan perjanjian tersebut terhadap Anda sebagai penerima manfaat pihak ketiga daripadanya; dan

 

(iv) Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda tidak berada di negara yang terkena embargo Pemerintah A.S., atau yang telah ditetapkan oleh Pemerintah A.S. sebagai negara 'pendukung teroris' dan bahwa Anda tidak terdaftar di daftar pihak yang dilarang atau dibatasi Pemerintah A.S. mana pun.

 

b) Apabila Anda mengunduh Aplikasi dari Google Play (atau penerusnya), Anda secara khusus mengakui dan menyetujui bahwa sejauh terdapat pertentangan antara:

 

(i) Ketentuan Layanan Google Play serta Kebijakan Bisnis dan Program Google Play atau ketentuan lain yang ditetapkan oleh Google sebagai ketentuan lisensi pengguna akhir bawaan untuk Google Play (secara bersama-sama, **Ketentuan Google Play**); dan

 

(ii) Ketentuan ini,

 

Ketentuan Google Play akan berlaku sehubungan dengan penggunaan Anda atas Aplikasi yang Anda unduh dari Google Play, dan Anda dengan ini mengakui bahwa Google tidak memiliki tanggung jawab atau kewajiban apa pun terkait dengan kepatuhan atau ketidakpatuhan oleh Yara atau Anda (atau pengguna lain) berdasarkan Ketentuan ini atau Ketentuan Google Play."

 

**12. Konten digital dan perangkat lunak**

 

12.1. Yara akan berupaya untuk memantau fungsionalitas Konten Digital dan menggunakan upaya yang wajar secara komersial, secara berkala maupun dalam waktu yang wajar, untuk memperbaiki setiap kecacatan dalam Konten Digital dan untuk memelihara, meningkatkan, atau memodifikasi Konten Digital sejauh Konten Digital itu (baik akibat kecacatan tersebut maupun lainnya):

 

(a) tidak lagi menjalankan fungsi utamanya secara fungsional; atau

 

(b) memberikan hasil yang keliru atau gagal berfungsi secara material sesuai dengan spesifikasi apa pun, yang membuat Anda mustahil menggunakan Konten Digital.

 

12.2. Anda dapat memperoleh dan menggunakan Perangkat Lunak tambahan gratis yang memiliki pembaruan, "patch", dan perbaikan kesalahan sebagaimana disediakan oleh Yara dari waktu ke waktu.

12.3. Satu-satunya kewajiban Yara sehubungan dengan ketidaktersediaan atau gangguan Konten Digital serta Perangkat Lunak yang cacat ditetapkan dalam Bagian 12.1. Dalam situasi lain apa pun Yara tidak akan berkewajiban kepada Anda, untuk alasan apa pun, jika Konten Digital, termasuk Perangkat Lunak, tidak tersedia pada waktu atau selama periode apa pun.

 

12.4. Anda dilarang mengizinkan siapa pun kecuali Yara atau pihak yang diizinkan oleh Yara untuk menjalankan pemeliharaan atau modifikasi Perangkat Lunak dan/atau Konten Digital.

 

12.5. Akses menuju Konten Digital diizinkan dan ditawarkan untuk sementara waktu, dan kami tidak menjamin bahwa Konten Digital akan selalu tersedia atau bebas gangguan. Selain itu, Anda menyatakan bahwa Konten Digital disediakan bagi Anda "sebagaimana adanya" dan mungkin tidak bebas dari kesalahan atau bug.

 

12.6. Apabila kami berniat untuk menangguhkan, menarik, menghentikan, atau mengubah (masing-masing, **Perubahan**) Konten Digital dalam cara yang akan berdampak besar pada Konten Digital tersebut, kami akan memberi Anda pemberitahuan yang wajar mengenai Perubahan tersebut, selama keputusan untuk membuat Perubahan itu berada dalam kendali kami dan belum dikenakan pada kami. Dalam situasi lain, kami dapat menangguhkan, menarik, menghentikan, atau mengubah seluruh atau sebagian Konten Digital tanpa pemberitahuan.

 

**13. Perangkat keras**

 

13.1. Bagian 13 ini berlaku jika, sebagai bagian dari Solusi, Yara memberi Anda Perangkat Keras sesuai dengan pengecualian berikut:

 

(a) Anda dapat memperoleh Perangkat Keras bermerek dari Yara yang telah diproduksi oleh pihak ketiga (**Perangkat Keras Bermerek Pihak Ketiga**). Kecuali jika secara tegas ditetapkan lain dalam Ketentuan khusus Solusi yang berlaku, Yara tidak akan berkewajiban atas setiap kecacatan dalam, atau tidak dapat dioperasikannya, Perangkat Keras Bermerek Pihak Ketiga, dan Anda harus mengandalkan jaminan terpisah yang disediakan oleh produsen atau pemasok pihak ketiga terkait berkenaan dengan setiap dugaan kecacatan Perangkat Keras Bermerek Pihak Ketiga tersebut.

 

(b) Anda dapat memperoleh Perangkat Keras dari Pemasok Non-Yara alih-alih Yara. Apabila demikian, kecuali jika secara tegas ditetapkan lain dalam Ketentuan khusus Solusi yang berlaku, Yara tidak akan berkewajiban atas setiap cacat dalam, atau tidak dapat dioperasikannya, Perangkat Keras tersebut, dan Anda harus mengandalkan ketentuan Perjanjian Pihak Ketiga Anda berkenaan dengan dugaan kecacatan Perangkat Keras tersebut.

 

13.2. Kecuali jika perjanjian antara kami dan Anda menetapkan lain (misalnya, jika kami menyewakan atau menyewagunakan Perangkat Keras kepada Anda), kepemilikan atas Perangkat Keras tersebut akan dialihkan kepada Anda setelah pembayaran lunas kecuali, dalam hal Perangkat Keras yang prapembayarannya telah dilakukan, hak atas Perangkat Keras tersebut akan dialihkan setelah pengiriman. Risiko kehilangan, dan tanggung jawab atas Perangkat Keras tersebut akan dialihkan kepada Anda setelah pengiriman. Sebelum kepemilikan dialihkan dari Yara kepada Anda (dan dalam semua kasus, penyewaan atau penyewagunaan Perangkat Keras oleh kami kepada Anda), Anda harus memastikan, memelihara, dan menyimpan Perangkat Keras dalam kondisi yang baik, dan Anda akan mengembalikan Perangkat Keras kepada kami atas permintaan kami.

 

13.3. Anda harus memelihara dan mengoperasikan Perangkat Keras sesuai dengan instruksi yang disediakan oleh Yara dan hanya mengizinkan Perangkat Keras untuk dioperasikan oleh personel yang kompeten dan berwenang. Yara tidak berkewajiban atas setiap pemeliharaan atau modifikasi Perangkat Keras yang tidak dilakukan oleh, atau sesuai dengan instruksi dari, Yara atau perwakilan resminya.

 

13.4. Semua waktu pengiriman yang mungkin disediakan Yara bagi Anda adalah perkiraan dan bukan komitmen. Meskipun demikian, jika pengiriman Perangkat Keras tertunda selama lebih dari 90 hari dari tanggal pengiriman yang tertera yang disampaikan Yara kepada Anda, dan ini tidak dikarenakan oleh tindakan yang Anda ambil maupun tidak, Anda akan berhak untuk: (1) menahan pembayaran (kecuali jika pembayaran lunas sudah dilakukan) sehubungan dengan Perangkat Keras yang tertunda, atau (2) mengakhiri Perjanjian saat Anda memesan Perangkat Keras yang tertunda, yang memberi Anda hak atas pengembalian dana Biaya yang telah Anda bayarkan sehubungan dengan Perangkat Keras tersebut.

 

13.5. Anda bertanggung jawab untuk:

 

(a) memastikan kepatuhan yang ketat dengan semua undang-undang dan peraturan yang berlaku sehubungan dengan pengimporan, pengangkutan, penyimpanan, dan penggunaan Perangkat Keras di negara dan tempat tujuan pengiriman Perangkat Keras;

 

(b) memperoleh dan menjaga keberlakuan dan kekuatan penuh, dengan biaya Anda sendiri, setiap lisensi, otorisasi, persetujuan, izin, dan perizinan lain sehubungan dengan pengimporan, pengangkutan, penyimpanan, dan penggunaan Perangkat Keras sebagaimana diwajibkan dari waktu ke waktu; dan

 

(c) jika diwajibkan oleh Yara, menyediakan salinan lisensi dan perizinan tersebut kepada Yara sebelum pengiriman Perangkat Keras tersebut.

 

13.6. Perangkat Keras dikirimkan kepada Anda hanya dengan syarat bahwa Anda telah memastikan kecocokannya dengan kebutuhan Anda. Perangkat Keras tertentu yang disediakan oleh Yara harus dipasang oleh karyawan atau perwakilan Yara (**Pemasangan**). Setelah Pemasangan, karyawan atau perwakilan Yara akan melaksanakan uji operasional Perangkat Keras di hadapan Anda atau perwakilan Anda. Selama pengujian tersebut, Anda dan perwakilan Anda harus mengonfirmasi bahwa Perangkat Keras tersebut berfungsi dengan benar dan memeriksa setiap malafungsi atau kecacatan (**Kecacatan**). Setiap saran yang disediakan oleh Yara (atau karyawan atau perwakilan Yara, sebagaimana sesuai) diberikan dengan pengetahuan terbaiknya, dan tidak akan membebaskan Anda dari melakukan penyelidikan dan pengujian Anda sendiri.

 

13.7. Apabila Perangkat Keras dikirimkan kepada Anda dan/atau dipasang, dan Anda menentukan terdapat Kecacatan dalam Perangkat Keras itu, Anda harus melaporkan Kecacatan ini kepada kami dalam waktu, mana pun yang lebih awal, (i) satu bulan semenjak tanggal Anda mendeteksi Kecacatan tersebut (atau tanggal Anda secara wajar seharusnya mendeteksi Kecacatan tersebut) atau (ii) tiga bulan semenjak tanggal pengiriman Perangkat Keras kepada Anda (atau, jika lebih lama, tanggal Pemasangan oleh atau atas nama Yara) (**Periode Pelaporan**) kecuali jika periode pelaporan yang lebih panjang diwajibkan secara tegas oleh hukum yang berlaku. Laporan Anda harus menyertakan informasi yang cukup agar memungkinkan kami mengidentifikasi dan memverifikasi Kecacatan tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada: deskripsi terperinci Kecacatan dan Perangkat Keras (termasuk setiap dokumentasi atau informasi yang menunjukkan Kecacatan tersebut sudah ada pada saat pengiriman), dan setiap faktur dan nomor pesanan yang berlaku.

 

13.8. Apabila, setelah memeriksa Perangkat Keras, Yara menentukan memang terdapat Kecacatan, dan Anda telah melaporkannya kepada kami dalam Periode Pelaporan yang berlaku, Yara akan memulihkan Kecacatan tersebut atau mengganti Perangkat Keras dalam waktu yang wajar, dan akan mengembalikan dana Anda untuk setiap ongkos pengiriman yang telah Anda bayarkan kepada Yara atau yang dikeluarkan oleh Anda, dengan ketentuan Kecacatan tersebut tidak timbul karena penyalahgunaan, atau perilaku buruk yang disengaja, atau kesalahan lain yang Anda lakukan. Apabila Anda belum membayar lunas Perangkat Keras itu, Anda akan berhak untuk menahan pembayaran sampai Yara selesai memulihkan Kecacatan tersebut atau mengganti Perangkat Keras itu. Apabila, setelah memeriksa Perangkat Keras, Yara menentukan tidak terdapat Kecacatan atau jika Perangkat Keras menunjukkan pertanda jelas bahwa Kecacatan yang ada disebabkan oleh Anda atau pihak ketiga lain, Anda akan berkewajiban atas setiap biaya pengiriman, penanganan, dan pengeluaran terkait, serta setiap biaya panggilan jasa atau biaya kehadiran yang dikeluarkan oleh Yara.

 

13.9. Anda juga dapat memperoleh layanan pemeliharaan di luar garansi sebagaimana ditetapkan dalam Ketentuan khusus Solusi (**Layanan Pemeliharaan**). Apabila Yara menyetujui untuk melaksanakan Layanan Pemeliharaan tersebut, kami akan melakukannya dengan biaya Anda. Biaya yang harus dibayarkan untuk Layanan Pemeliharaan tersebut akan mencakup, namun tidak terbatas pada, pengeluaran wajar dan ongkos perjalanan Yara, jika Yara menyediakan Layanan Pemeliharaan di tempat Anda.

 

13.10. Apabila Yara menyediakan layanan pemulihan sehubungan dengan setiap Kecacatan atau Layanan Pemeliharaan di tempat Anda, Anda akan diwajibkan untuk menyediakan kondisi bekerja yang cocok sesuai dengan hukum tenaga kerja dan persyaratan kesehatan & keselamatan yang berlaku.

 

13.11. Yara tidak akan berkewajiban kepada Anda jika Perangkat Keras berbeda dari spesifikasinya akibat perubahan yang dibuat demi memastikan bahwa Perangkat Keras mematuhi undang-undang atau persyaratan setempat yang berlaku. Selain itu, Yara tidak akan berkewajiban atas setiap Kecacatan atau tidk dapat dioperasikannya Perangkat Keras yang diakibatkan oleh:

 

(a) kegagalan Anda dalam mematuhi Bagian 13 ini dan/atau Ketentuan khusus Solusi yang berlaku; atau

 

(b) Keausan normal.

 

13.12. Anda tidak akan menggunakan Perangkat Keras dalam produksi atau pemrosesan tumbuhan atau zat ilegal, atau untuk tujuan ilegal lainnya. Apabila Anda menjual kembali Perangkat Keras, Anda juga akan menggunakan upaya yang wajar untuk memastikan bahwa pelanggan Anda tidak menggunakan Perangkat Keras tersebut untuk tujuan ilegal apa pun.

 

13.13. Selain dari Bagian 19 (**Ganti Rugi**), Anda akan membela, mengganti rugi, dan membebaskan Yara dari dan terhadap segala klaim, kerugian, ongkos, dan pengeluaran (termasuk biaya hukum) yang timbul karena:

 

(a) Kecacatan dalam Perangkat Keras yang diakibatkan oleh tindakan atau kelalaian Anda atau perwakilan Anda;

 

(b) Yara mengikuti spesifikasi apa pun yang Anda pasok;

 

(c) setiap kerusakan terhadap properti, atau cedera maupun kematian individu yang timbul dari pemuatan, pembongkaran, pengangkutan, penyimpanan, penanganan, penggunaan, atau pembuangan Perangkat Keras; dan

 

(d) berkenaan dengan setiap tindakan lalai atau perilaku buruk disengaja dari atau oleh Anda atau perwakilan Anda.

 

**14. Pedoman perilaku**

 

14.1. Anda akan menerapkan standar bisnis yang sesuai dengan Pedoman Perilaku Yara, yang perinciannya dapat Anda temukan di [laman Pedoman Perilaku untuk Mitra Bisnis](https://www.yara.com/this-is-yara/ethics-and-compliance/policies/code-of-conduct-for-business-partners/), atau salinannya yang tersedia atas permintaan dari Yara.

 

14.2. Ketidakpatuhan Anda terhadap ketentuan Pedoman Perilaku tersebut akan memberikan hak pada Yara untuk mengakhiri Perjanjian dengan segera dan tanpa kewajiban apa pun kepada Anda.

 

**15. Jangka waktu dan pengakhiran**

 

15.1. Perjanjian ini akan dimulai dan menjadi mengikat secara hukum ketika Anda menandatangani Ketentuan khusus Solusi yang berlaku atau ketika Anda pertama kali menggunakan Solusi yang telah Anda pesan. Sesuai dengan pembayaran Biaya apa pun oleh Anda, hak yang diberikan berdasarkan Ketentuan ini akan berlanjut selama jangka waktu yang ditetapkan dalam Ketentuan khusus Solusi yang berlaku bagi Solusi yang telah Anda beli, atau yang telah Anda setujui dengan Yara terkait dengan Solusi tersebut.

 

15.2. Dalam hal keterlambatan atau tidak adanya pembayaran Biaya yang jatuh tempo, Yara berhak untuk segera menangguhkan akses Anda ke Konten Digital dan/atau Akun Anda. Kegagalan pembayaran setelah 14 hari sejak menerima pemberitahuan pembayaran kedua dari Yara akan dianggap sebagai pelanggaran berat, dan Yara dapat mengakhiri Perjanjian dengan segera.

 

15.3. Sesuai dengan batasan yang ditetapkan dalam Perjanjian, pihak mana pun dapat segera mengakhiri penyediaan atau penerimaan Solusi mana pun dan/atau Perjanjian jika:

 

(a) pihak lain melakukan pelanggaran berat terhadap Perjanjian dan, jika pelanggaran tersebut dapat dipulihkan, gagal untuk memulihkan pelanggaran tersebut dalam tiga puluh (30) hari setelah menerima pemberitahuan tertulis;

 

(b)pihak lain mengadakan pengaturan atau komposisi dengan atau untuk manfaat krediturnya, mengadakan administrasi, kurator, atau kurator administratif, atau dibubarkan maupun menghentikan operasi bisnisnya atau menjalani proses kepailitan atau kebangkrutan dan proses tersebut tidak dihentikan dalam sembilan puluh (90) hari; atau

 

(c) pihak lain melakukan pelanggaran berat terhadap Perjanjian lebih dari dua kali, terlepas dari pemulihan pelanggaran tersebut.

 

15.4. Yara dapat menangguhkan penyediaan Konten Digital dalam situasi berikut:

 

(a) jika Yara memiliki alasan yang wajar untuk menduga adanya pelanggaran terhadap Bagian 6, 13.12, atau 14;

 

(b) jika Yara berhak untuk mengakhiri Ketentuan ini berdasarkan Bagian 15.2 atau 15.3, Yara juga dapat menangguhkan atau mengakhiri setiap, semua, atau bagian mana pun dari Konten Digital; dan

 

(c) untuk mematuhi hukum yang berlaku. Apabila penangguhan berdasarkan Bagian 15.4 ini berlanjut selama lebih dari tiga puluh (30) hari, Anda dapat, kapan saja sampai penggunaan Konten Digital Anda yang berlaku dipulihkan, mengakhiri penggunaan Solusi yang berlaku segera setelah memberi tahu secara tertulis; atau

 

(d) jika Anda tidak membayar Biaya dalam periode terkait yang ditetapkan dalam Ketentuan khusus Solusi yang berlaku.

 

Anda diwajibkan untuk membayar sisa saldo Biaya dan/atau Langganan beserta bunga yang berlaku, baik jika Akun Anda ditangguhkan akibat pelanggaran kontraktual Anda maupun untuk alasan lain.

 

 

15.5. Apabila Anda mengetahui bahwa Konten Digital, bagian Solusi mana pun, Konten Pengguna, atau informasi lainnya yang Anda berikan kepada Yara tidak mematuhi Ketentuan ini atau Kebijakan Privasi Yara Digital Farming, Anda akan segera menangguhkan penggunaan Anda atas Solusi tersebut dan/atau menghapus setiap Konten Pengguna atau informasi yang melanggar (sebagaimana sesuai). Apabila Yara mengetahui situasi tersebut di atas, Yara dapat secara khusus meminta Anda mengambil tindakan pemulihan yang dijelaskan di atas sebagaimana dianggap perlu dan/atau dapat segera menangguhkan penggunaan Anda akan Solusi tersebut sampai Yara merasa puas bahwa masalah terkait telah diselesaikan.

 

15.6. Pada saat Perjanjian ini kedaluwarsa atau diakhiri:

 

(a) hak yang diberikan oleh satu pihak kepada pihak lain akan segera berakhir dan Anda harus menghentikan seluruh kegiatan yang diizinkan oleh Perjanjian;

 

(b) semua Biaya yang harus Anda bayarkan kepada Yara menjadi jatuh tempo segera setelah pengakhiran; dan

 

(c) sewaktu diminta oleh Yara, Anda harus menghapus setiap Konten Digital, dan setiap Konten Pengguna, atau informasi lain yang telah Anda berikan kepada Yara dari Solusi serta segera memusnahkan atau mengembalikan pada Yara (sesuai opsi Yara sendiri) seluruh salinan Perangkat Lunak dan Dokumentasi yang saat itu Anda miliki, simpan, atau kendalikan.

 

**16. Publisitas**

 

16.1. Sehubungan dengan penggunaan Anda atas Solusi:

 

(a) Anda dapat menyatakan secara publik bahwa Anda adalah pelanggan Yara dan menampilkan merek dagang, logo, nama domain Yara, dan fitur merek khusus lainnya (**Fitur Merek**); dan

 

(b) Yara dapat secara lisan menyatakan bahwa Anda adalah pelanggan Yara dan mencantumkan nama atau Fitur Merek Anda dalam daftar pelanggan Yara pada materi promosi online atau offline Yara.

 

16.2. Tidak ada pihak yang memerlukan persetujuan untuk mengulangi pernyataan publik yang secara substansial menyerupai pernyataan publik yang diizinkan sebelumnya.

 

16.3. Salah satu pihak dapat mencabut hak pihak lain untuk menggunakan Fitur Mereknya berdasarkan Bagian ini dengan memberikan pemberitahuan tertulis kepada pihak lain dan memberikan jangka waktu yang wajar untuk menghentikan penggunaan tersebut.

 

**17. Batasan kewajiban**

 

17.1. Yara tidak akan bertanggung jawab kepada Anda atas segala kerugian atau kerusakan, baik dalam kontrak, kesalahan (termasuk kelalaian), pelanggaran kewajiban hukum, atau lainnya, sekalipun dapat diperkirakan, yang timbul dalam atau sehubungan dengan:

 

(a) penggunaan, atau ketidakmampuan untuk menggunakan, Konten Digital; atau

 

(b) penggunaan atau ketergantungan terhadap konten apa pun yang ditampilkan pada Konten Digital.

 

17.2. Yara tidak akan bertanggung jawab atas segala kerugian atau kerusakan yang disebabkan oleh virus, serangan penolakan layanan terdistribusi, atau materi berbahaya lainnya yang dapat menginfeksi peralatan komputer, program komputer, data, atau materi berhak milik lainnya karena penggunaan Anda atas Solusi atau unduhan Konten Digital apa pun.

 

17.3. Yara lebih lanjut tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang diakibatkan oleh penggunaan (atau ketidakmampuan untuk menggunakan) sarana komunikasi elektronik Konten Digital, termasuk, namun tidak terbatas pada, kerusakan akibat kegagalan atau keterlambatan dalam pengiriman komunikasi elektronik, penyadapan, atau manipulasi komunikasi elektronik oleh pihak ketiga atau oleh program komputer yang digunakan untuk komunikasi elektronik dan transmisi virus.

 

17.4. Tidak ada bagian dalam Ketentuan ini yang mengecualikan atau membatasi kewajiban salah satu pihak atas kematian atau cedera pribadi yang timbul dari kelalaian, atau penipuan atau pernyataan yang salah, atau kewajiban lain apa pun yang tidak dapat dikecualikan atau dibatasi oleh hukum.

 

17.5. Sejauh diizinkan oleh hukum, Yara tidak bertanggung jawab atas hilangnya keuntungan, kehilangan penjualan, kehilangan bisnis, gangguan bisnis, kehilangan, atau kerusakan data atau informasi, kehilangan peluang bisnis, muhibah, dan/atau reputasi atau kerusakan lainnya, atau untuk kerugian tidak langsung atau konsekuensial, baik dalam kasus yang timbul dari atau dengan cara apa pun terkait dengan penyediaan atau penggunaan dan/atau ketidakmampuan untuk menggunakan solusi atau dengan cara ganti rugi. Dalam hal konten digital, satu-satunya pemulihan Anda jika terjadi ketidakpuasan adalah dengan menghentikan penggunaan konten digital dan meminta Yara untuk menutup akun yang mungkin Anda miliki. Sejauh diizinkan oleh hukum, jika Yara dan/atau entitas afiliasinya bertanggung jawab atas kerugian Anda berdasarkan hukum wajib, kewajiban agregat maksimum Yara dan/atau afiliasinya berdasarkan persyaratan ini, baik dengan cara ganti rugi maupun sebaliknya, akan dibatasi hingga (a) biaya yang Anda bayarkan sehubungan dengan solusi sehubungan dengan klaim atau klaim yang timbul selama periode berlangganan tahunan selama klaim atau klaim tersebut timbul, atau (b) €5.000, mana pun yang lebih besar.

 

**18. Penafian jaminan**

 

18.1. Konten Digital, Perangkat Keras, dan produk serta materi pihak ketiga disediakan untuk Anda “sebagaimana adanya“ tanpa jaminan apa pun, baik tersirat maupun menurut perundang-undangan. Kecuali sebagaimana dinyatakan secara tegas, Yara menafikan semua ketentuan, pernyataan jaminan, atau persyaratan lain yang mungkin berlaku untuk Solusi (termasuk yang berkaitan dengan Konten Digital, Perangkat Keras, dan produk apa pun serta materi pihak ketiga), baik tersurat maupun tersirat, sejauh yang diizinkan berdasarkan hukum yang berlaku, termasuk jaminan tersirat atau ketentuan kualitas yang memuaskan, kesesuaian untuk tujuan tertentu, non-pelanggaran, dan hak milik.

 

18.2. Setiap informasi dan rekomendasi yang disampaikan sebagai bagian dari Solusi, sejauh pengetahuan Yara, benar dan akurat pada tanggal penerbitan, dan hanya dimaksudkan sebagai pedoman untuk penggunaan Solusi yang tepat dan penggunaan yang sesuai, penanganan dan penyimpanan Perangkat Keras dan/atau Solusi terkait, dan tidak dapat dianggap sebagai jaminan atau indikasi kualitas atau kepatuhan terhadap hukum atau peraturan yang berlaku, atau berfungsi sebagai dasar kewajiban terhadap Yara atau perwakilannya dengan cara apa pun.

 

18.3. Karena banyaknya tanaman yang ditanam dalam berbagai sistem produksi, di berbagai tanah, dan dalam kondisi iklim yang tak terhitung jumlahnya, Yara menafikan semua jaminan, baik tersurat maupun tersirat, untuk keakuratan Konten Digital atau informasi dan rekomendasi lain yang disediakan dalam Solusi, dan tidak bertanggung jawab atas keputusan manajemen berdasarkan informasi ini. Saat menggunakan Konten Digital dan materi terkait, Anda menerima bahwa Anda akan bertanggung jawab penuh atas semua keputusan, hasil, dan hasil panen agronomi.

 

18.4. Semua pengecualian atau batasan kewajiban, dan setiap penafian dalam bentuk apa pun, (termasuk dalam Bagian ini dan di tempat lain dalam Ketentuan ini) dibuat atas nama Yara dan afiliasinya serta pemegang saham, direktur, pejabat, karyawan, afiliasi, agen, perwakilan, pemberi lisensi, pemasok, dan penyedia layanannya.

 

**19. Ganti Rugi**

 

19.1. Kecuali sejauh dilarang berdasarkan hukum yang berlaku, Anda setuju untuk membela, mengganti rugi, dan membebaskan Yara dari dan terhadap semua klaim, kerugian, biaya, dan pengeluaran (termasuk biaya hukum) yang timbul dari (a) penggunaan Anda atas, atau aktivitas sehubungan dengan, Solusi (termasuk semua pengiriman); dan (b) setiap pelanggaran atau dugaan pelanggaran Ketentuan ini oleh Anda.

 

**20. Informasi atau keluhan**

 

20.1. Apabila Anda:

 

(a) memiliki pertanyaan atau keluhan seputar Solusi;

 

(b) diwajibkan untuk menyampaikan pemberitahuan secara tertulis kepada kami sesuai dengan ketentuan apa pun dalam Ketentuan ini; atau

 

(c) ingin menghubungi kami secara tertulis untuk alasan lain, hubungi Yara menggunakan metode komunikasi yang berlaku yang ditetapkan sehubungan dengan Solusi terkait.

 

20.2. Yara akan menanggapi semua keluhan atau klaim dalam waktu yang wajar, dan akan, dalam keadaan apa pun, mengonfirmasi penerimaan pesan Anda dengan menghubungi Anda secara tertulis, biasanya melalui email. Harap diperhatikan bahwa komunikasi email belum tentu aman; oleh karena itu, Anda tidak boleh menyertakan informasi kartu kredit atau informasi sensitif lainnya dalam korespondensi email Anda dengan kami.

 

20.3. Anda dapat mengirimkan gagasan, umpan balik, dan saran (**Saran**) Anda yang dapat membantu kami meningkatkan penggunaan Solusi oleh Anda dan pengguna lain. Dengan mengirimkan Saran kepada kami, Anda memberi kami hak non-eksklusif, di seluruh dunia, kekal, tidak dapat dibatalkan, bebas royalti, dan dapat disublisensikan untuk menggunakan, memodifikasi, mendistribusikan, dan menggunakan Saran Anda dengan cara lain apa pun.

 

20.4 Apabila Anda meyakini dengan iktikad baik bahwa materi yang tersedia sebagai bagian dari Konten Digital melanggar hak cipta Anda, Anda dapat menyampaikannya kepada kami melalui surat atau email dan meminta kami menghapus materi tersebut atau memblokir akses ke materi tersebut. Sebutkanlah identitas dan lokasi materi yang diduga melanggar secara terperinci. Apabila Anda meyakini dengan iktikad baik bahwa seseorang telah salah mengajukan pemberitahuan pelanggaran hak cipta terhadap Anda, Anda dapat mengirimkan pemberitahuan sanggahan secara tertulis kepada kami.

 

**21. Penugasan dan subkontrak**

 

21.1. Yara dapat mengalihkan semua atau sebagian dari hak dan kewajibannya berdasarkan Ketentuan ini, dan/atau kontraknya dengan Anda, pada perusahaan lain dalam grup perusahaan Yara atau organisasi pihak ketiga mana pun. Anda tidak diperkenakan mengalihkan hak atau kewajiban Anda berdasarkan Ketentuan ini kepada orang atau badan hukum lain tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari kami.

 

21.2. Yara dapat melakukan subkontrak atau mendelegasikan sebagian atau seluruh kewajibannya berdasarkan Ketentuan ini kepada perusahaan lain dalam grup perusahaan Yara atau organisasi pihak ketiga mana pun. Anda tidak diperkenankan melakukan subkontrak atau menangani dengan cara lain apa pun setiap hak atau kewajiban Anda berdasarkan Ketentuan ini tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari kami.

 

**22. Keadaan kahar**

 

22.1. Pihak mana pun tidak akan bertanggung jawab atas keterlambatan atau kecacatan karena bencana alam, perang, pemogokan, penguncian, tindakan industri, kebakaran, banjir, kekeringan, badai, atau peristiwa lain di luar kendali wajar dari salah satu pihak, termasuk jika terjadi kegagalan yang disebabkan karena tidak tersedianya internet, kurangnya akses data seluler, atau keamanan atau tindakan lain yang menghambat akses ke Perangkat Lunak atau Konten Digital.

 

22.2. Apabila terdapat kewajiban dalam Perjanjian yang tidak dapat dilakukan selama jangka waktu berkelanjutan tiga (3) bulan akibat satu atau beberapa peristiwa yang dijelaskan dalam Bagian 22.1, salah satu pihak dapat mengakhiri Perjanjian dengan menyampaikan pemberitahuan secara tertulis kepada pihak lain pada akhir periode ini.

 

**23. Ketentuan penting lainnya**

 

23.1. Setiap kata yang mengikuti ketentuan, seperti meliputi, termasuk, secara khusus, atau sebagai contoh ataupun frasa serupa, akan ditafsirkan sebagai ilustrasi dan tidak akan membatasi keumuman kata-kata umum terkait.

 

23.2. Apabila kami gagal untuk meminta Anda menjalankan kewajiban Anda berdasarkan Ketentuan ini, atau jika kami tidak memberlakukan hak kami terhadap Anda, atau jika kami menunda melakukannya, itu tidak berarti bahwa kami telah melepaskan hak kami terhadap Anda dan bukan berarti Anda tidak harus mematuhi kewajiban tersebut. Apabila kami mengabaikan wanprestasi oleh Anda, kami hanya akan melakukannya secara tertulis, dan itu tidak berarti bahwa kami nantinya akan secara otomatis mengabaikan wanprestasi oleh Anda.

 

23.3. Setiap ketentuan dari Ketentuan ini beroperasi secara terpisah. Apabila pengadilan atau otoritas yang berwenang memutuskan bahwa salah satu ketentuan tersebut melanggar hukum atau tidak dapat dilaksanakan, ketentuan yang tersisa akan tetap berlaku dan memiliki kekuatan penuh.

 

23.4. Ketentuan ini dan setiap sengketa atau klaim (termasuk perselisihan atau klaim non-kontraktual) yang timbul dari atau sehubungan dengan Ketentuan ini diatur oleh hukum Norwegia. Anda dan Yara secara tidak dapat ditarik kembali menyetujui bahwa pengadilan Norwegia akan memiliki yurisdiksi eksklusif untuk menyelesaikan setiap sengketa atau klaim yang timbul dari atau sehubungan dengan Ketentuan ini atau materi pokok atau pembentukannya, kecuali bahwa Yara (atau afiliasi Yara yang berlaku) berhak, sebagai penggugat, untuk memulai proses hukum terhadap Anda di pengadilan lain dari yurisdiksi yang kompeten sehubungan dengan tidak dibayarnya Biaya atau jumlah lain yang harus dibayarkan, perlindungan kekayaan intelektual Yara atau hak lainnya, atau pelanggaran apa pun yang Anda lakukan atas Ketentuan ini.

 

**KETENTUAN YARA DIGITAL FARMING**

 

**KETENTUAN INDONESIA**

 

 

Terakhir diperbarui: Agustus 17 2023[RS1]

 

**1. RUANG LINGKUP**

 

Apabila Anda berdomisili di Indonesia, **Ketentuan Indonesia** tambahan ini berlaku bagi Anda di luar Ketentuan Yara Digital Farming di atas. Apabila terdapat pertentangan antara Ketentuan Indonesia ini dan Ketentuan Yara Digital Farming, Ketentuan Indonesia ini akan berlaku. Setiap istilah berawalan huruf kapital yang tidak ditetapkan dalam Ketentuan Indonesia ini akan memiliki arti seperti yang ditetapkan dalam Ketentuan Yara Digital Farming. Ketentuan Indonesia ini menjadi bagian integral dari Ketentuan Yara Digital Farming.

 

**2. UMUM**

 

Ayat pertama Ketentuan Yara Digital Farming akan dihapus dan digantikan dengan kalimat berikut:

 

"Ketentuan penggunaan ini berlaku untuk penggunaan produk, layanan, perangkat keras, perangkat lunak, situs web, sumber daya digital, dan penawaran pasar lain untuk pertanian digital (**Solusi**) yang disediakan oleh CV Algostudio sebagai penjual kembali resmi Solusi di Indonesia (**Algostudio** atau **kami**). Setiap organisasi atau individu (**Anda**) yang ingin menggunakan segala Solusi tunduk pada Ketentuan Yara Digital Farming (**Ketentuan**) ini beserta setiap ketentuan khusus Solusi lain yang berlaku bagi Solusi yang ditawarkan dan digunakan."

 

Kecuali untuk ayat pertama Ketentuan Yara Digital Farming sebagaimana diubah di atas serta tunduk pada Klausul 6, 7, dan 8 di bawah ini, semua penyebutan terhadap "Yara" dan "Yara International ASA" dalam Ketentuan Yara Digital Farming akan dihapus dan digantikan dengan penyebutan terhadap "Algostudio.

 

 

**3. BAGIAN 1: SOLUSI DAN KETENTUAN YARA**

 

Bagian 1.6 dari Ketentuan Yara Digital Farming akan dihapus.

 

 

**4. BAGIAN 4: WEWENANG UNTUK MENYETUJUI KETENTUAN DAN PENYEDIAAN DATA**

 

Bagian 4.3 dari Ketentuan Yara Digital Farming akan dihapus.

 

**5. BAGIAN 7: BIAYA DAN KETENTUAN PEMBAYARAN**

 

Dengan mengacu pada Bagian 7.5, segala pembayaran yang dibuat sehubungan dengan Ketentuan Yara Digital Farming untuk transaksi yang dilakukan di wilayah Indonesia akan wajib dibayarkan menggunakan mata uang Rupiah Indonesia.

 

 

**6. BAGIAN 17: BATASAN KEWAJIBAN**

 

Penyebutan dalam seluruh Bagian 17 terhadap "Yara" akan dianggap sebagai penyebutan terhadap "Algostudio, Yara International ASA, dan/atau setiap afiliasi yang dikendalikan oleh, atau dalam kendali bersama, Yara International ASA".

 

 

**7. BAGIAN 18: PENAFIAN JAMINAN**

 

Penyebutan dalam seluruh Bagian 18 terhadap "Yara" akan dianggap sebagai penyebutan terhadap "Algostudio, Yara International ASA, dan/atau setiap afiliasi yang dikendalikan oleh, atau dalam kendali bersama, YARA International ASA".

 

 

**8. BAGIAN 19: GANTI RUGI**

 

Penyebutan dalam seluruh Bagian 19 terhadap "Yara" akan dianggap sebagai penyebutan terhadap "Algostudio, Yara International ASA, dan/atau setiap afiliasi yang dikendalikan oleh, atau dalam kendali bersama, YARA International ASA".